Header

Jangan Dilakukan, Cara Mandi Seperti Ini Berisiko Membuat Pembuluh Darah Pecah !

Dalam kehidupan sehari – hari membersihkan badan dari segala macam kotoran memang sangat baik bagi kesehatan khususnya untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran nakal yang menempel.

Mandi merupakan salah satu hal yang selalu dilakukan manusia untuk mendapatkan kebersihan hakiki baik itu untuk kebersihan tubuh, maupun untuk menjaga kesegaran tubuh agar tetap semanggat dalam menjalani hidup yang penuh lika – liku.

Namun alih – alih mendapatkan benefit dari aktivitas mandi, ternyata cara mandi yang salah berisiko membuat pembuluh darah pecah dan mengakibatkan hal – hal yang tak terduga.

Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM, mengatakan bahwa tubuh manusia memiliki regulasi yang tinggi karena thermo regulator pengatur suhu pada otak manusia, yang mana fungsinnya adalah otak akan memerintahkan pembuluh darah untuk melebar ketika suhu tubuh sedang panas, dan otak akan memerintahkan pembuluh darah untuk menyusut ketika suhu tubuh sedang dalam kondisi dingin.

Cara mandi salah yang dimaksud adalah cara mandi dengan menguyurkan air yang dengan suhu berlawanan dengan kondisi tubuh yang berisiko membuat pembuluh darah pecah.

Ketika suhu tubuh kamu sedang panas-panasnya serta pembuluh darah sedang dalam kondisi lebar lalu kamu mandi dengan menggunakan air yang dingin hal itu akan membuat pembuluh darah kaget dan berubah tiba – tiba dan inilah yang berisiko membuat pembuluh darah pecah, hal sedemikian juga berlaku dengan suhu tubuh sebaliknya.

Lalu apa yang terjadi jika pembuluh darah pecah ?

Hal ini, tergantung dimana titik pembuluh darah itu pecah, jika proses terjadinya pembuluh darah itu pecah dibagian vital seperti otak, maka salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah stroke tiba – tiba yang diakibatkan darah dari pembuluh darah keluar dan mencapai jaringan otak serta membuat otak membengkak di penuhi darah berujung sel otak dapat mati total.

Selain itu juga jika pembuluh darah itu pecah di bagian mata, hal ini berisiko mengakibatkan pendarahan Subkongjungtiva yang membuat lapisan transparan pada mata pecah, sehingga menyebabkan semacam goresan merah pada bagian bagian putih mata yang hanya akan disadari ketika sedang bercermin

Bagaimanakah cara mandi yang baik ?

Terlepas dari kamu gemar mandi dengan air dingin atau air hangat, ada baiknya sebelum mengguyur bagian – bagian vital pada tubuh, disarankan kamu terlebih dahulu menguyur bagian luar seperti tangan dan kaki , badan lalu kepala. Hal ini untuk menghindari kesan kaget pada tubuh dan memberikan penyesuaian terlebih dahulu pada pembuluh darah.

Terlepas dari itu semua, nah ! menurut kamu apakah mungkin seseorang yang tiba-tiba pingsan di toilet karena mengalami pembuluh darah yang pecah ?

Health.detik.com
Alodokter.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Dilakukan, Cara Mandi Seperti Ini Berisiko Membuat Pembuluh Darah Pecah !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel