Header

Bangga, Buah Khas Indonesia Ini Punya Manfaat Mempesona, Simak Khasiatnya!

Siapa yang senang menyantap buah matoa? Berbanggalah, karena buah ini merupakan salah satu buah asli Indonesia.
Matoa yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata, merupakan buah khas Papua dari famili Sapindaceae. Jadi masih satu keluarga dengan rambutan, lengkeng dan lychee.

Dilansir dari researchgate.net (1/11/2018), matoa adalah tanaman endemik di Papua, banyak hidup di hutan-hutan pedalaman Papua dengan iklim yang kering dan curah jugan rendah. Saat ini, matoa sudah mulai banyak dibudidayakan di tempat lain di Indonesia. Bisa jadi karena rasa buahnya lezat dan mulai disukai oleh masyarakat. Namun, lebih dari itu, ternyata matoa juga memiliki banyak khasiat. Apa saja?

1) Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut researchgate.net (1/11/2018), buah matoa mengandung vitamin A, C dan E. Vitamin-vitamin ini memiliki kaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh, karena bisa melindungi tubuh dari kondisi lingkungan yang kurang baik.

2) Membantu Mencegah Kanker

matoa juga mengandung antioksidan yang cukup kuat berupa senyawa tannin, saponin dan alkaloid. Senyawa-senyawa ini bisa menghambat terbentuknya radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

3) Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan antioksidan yang tinggi, serta kadar serat yang cukup, bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Dengan demikian, mengonsumsi buah matoa, bisa membuat jantung kita sehat, juga terhindar dari risiko terkena stroke.

4) Membuat Awet Muda dan Kulit Tetap Segar

Kandungan berbagai macam vitamin serta antioksidan, membantu menghambat penuaan dini. Kita akan awet muda serta memiliki kulit yang tetap segar dan bercahaya.

5) Mampu Membantu Melawan Kuman Penyakit

Matoa juga mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, sehingga bisa membantu melawan kuman penyakit yang menyerang seperti bakteri dan virus. Mungkin, inilah sebab mengapa orang Papua tetap sehat dan kuat meskipun tinggal di hutan-hutan, ya?

Nah, asyik sekali kan, manfaat buat matoa ini? Ayo, cari segera, jika perlu, budidayakan di sekitar kita. Asyik juga kalau tepi jalan kita sejuk dan rindang karena pohon matoa, bukan? Apalagi, harga buah matoa juga lumayan mahal, yakni mencapai sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per kilogram, tergantung kualitas. Bisa jadi peluang wirausaha.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bangga, Buah Khas Indonesia Ini Punya Manfaat Mempesona, Simak Khasiatnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel