Header

Dari Tulang Patah, Tertusuk Kaca Hingga Sakit Gigi Bisa Sembuh Hanya Dengan Batang Ini

Mungkin tanaman ini ada di pekarangan anda. Tanaman ini ditanam sebagai penghias pekarangan rumah. Namun, tahukah anda khasiatnya!

Tanaman bernama patah tulang mengandung getah berwarna putih susu. Getah ini mengandung euphorbone, taraksasterol, alaktucerol, euplol, zat karet dan juga zat pahit. Kandungan semacam ini membuat batang patah tulang sering dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit dan bahkan dipercaya dapat mengobati patah tulang.

Selain itu, tanaman ini memiliki khasiat lain yang tak kalah mengagumkan. Berikut ini adalah khasiat dan cara penggunaan daun patah tulang untuk mengobati beberapa macam masalah kesehatan.

1. Tertusuk kaca atau duri

Caranya bagian tubuh atau kulit yang tertusuk duri atau kaca kita olesi dengan getah patah tulang, getah patah tulang dapat mengeluarkan duri atau kaca dengan sendirinya.

2. Tulang patah

Bagi anda yang mengalami patah tulang (fraktur) dapat menggunakan tanaman ini dengan beberapa cara, yaitu : Kulit diatas tulang yang patah digosong dengan getah patah tulang, Kulit luar dahan patah tulang digiling halus, tempelkan diatas tulang yang patah, kemudian dibalut.

Serta 3/4 genggam tangkai dan daun patah tulang, 1 genggam daun srigi, dicuci lalu digiling halus. Remas dengan 4 sendok air garam, dihangatkan sebentar. Dipakai untuk menurap bagian tubuh yang patah, lalu dibalut dengan daun bakung/kulit randu. Diganti 2 x sehari.

3. Tahi lalat

Tahi lalat kita gosok dengan air jeruk nipis, lalu dengan kapas tahi lalat dilumasi dengan getah patah tulang. Lakukan terapi ini benerapa kali sehari, bila sudah kering diulang. Hati-hati jangan sampai terkena mata.

4. Kapalan dan Kutilan

Caranya ambil 1/2 kg dahan dan ranting patah tulang. Setelah dicuci bersih rebus dengan 4 liter air sampai airnya berkurang menjadi 2 liter.

Bagian tubuh atau kulit yang mengalami kutil atau kapalan direndam dalam air rebusan patah tulang tadi dalam keadaan hangat selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah dikeringkan oleskan param yang terbuat dari trusi yang telah ditumbuk halus dicampur putih telur, lalu dibalut.

6. Sakit gigi

Caranya adalah dengan meneteskan getah tanaman patah tulang pada bagian gigi yang sakit dan lakukan 2 kali sehari. Namun perhatikan jangan sampai tertelan karena getah tanaman ini mengandung racun yang bisa menyebabkan mual, muntah dan sakit kepala.

Perlu anda ketahui :

Getah patah tulang berbahaya bagi mata, dapat menyebabkan buta. Bila getah patah tulang masuk kemata cepat bilas dengan air kelapa atau santan. Nah, Inilah beberapa khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan.

Sumber : portalmadura.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dari Tulang Patah, Tertusuk Kaca Hingga Sakit Gigi Bisa Sembuh Hanya Dengan Batang Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel